Rabu, 27 November 2013

Contoh RPP Bahasa Inggris kelas x

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)

Nama Sekolah           :  SMA/MA Hasyim Asyari Pucuk
Mata Pelajaran          : Bahasa Inggris
Kelas/Semester          : X / 2
Pertemuan Ke           :  1
Alokasi Waktu           :  2 x 45 menit


A.     Standar Kompetensi
         Membaca
11.          Memahami makna teks fungsional pendek dan esei sederhana berbentuk  narrative, descriptive dan news item   dalam konteks kehidupan sehari-hari dan untuk mengakses ilmu pengetahuan.

B.     Kompetensi Dasar
          11.2        Merespon makna dan langkah-langkah retorika dalam esei sederhana secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dan untuk mengakses ilmu pengetahuan dalam teks berbentuk narrative, descriptive, dan news item.

C.     Indikator Pencapaian Kompetensi
Indikator Pencapaian Kompetensi
Nilai Budaya Dan
Karakter Bangsa
§  Mengidentifikasi makna kata dalam teks yang dibaca
§  Mengidentifikasi makna kalimat dalam teks yang dibaca
§  Mengidentifikasi komplikasi dalam sebuah cerita narasi
§  Mengidentifikasi kejadian dalam teks yang dibaca
§  Mengidentifikasi ciri-ciri dari benda/orang yang dideskripsikan
§  Mengidentifikasi inti berita yang didengar
§  Mengidentifikasi sumber berita yang didengar
§  Mengidentifikasi langkah-langkah retorika dari teks
§  Mengidentifikasi tujuan komunikasi teks dibaca
Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab, mandiri

Kewirausahaan/ Ekonomi Kreatif :
µ  Percaya diri (keteguhan hati, optimis).
µ  Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
µ  Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
µ  Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan).

D.     Tujuan Pembelajaran
§  Siswa dapat mengidentifikasi makna kata dalam teks yang dibaca
§  Siswa dapat mengidentifikasi makna kalimat dalam teks yang dibaca
§  Siswa dapat mengidentifikasi komplikasi dalam sebuah cerita narasi
§  Siswa dapat mengidentifikasi kejadian dalam teks yang dibaca
§  Siswa dapat mengidentifikasi ciri-ciri dari benda/orang yang dideskripsikan
§  Siswa dapat mengidentifikasi inti berita yang didengar
§  Siswa dapat mengidentifikasi sumber berita yang didengar
§  Siswa dapat mengidentifikasi langkah-langkah retorika dari teks
§  Siswa dapat mengidentifikasi tujuan komunikasi teks dibaca

E.     Materi Pokok
Activity 3

Identify factual meaning in the texts;
Identify the structure of narrative texts;
Reading and understanding narrative texts.

SNOW WHITE

Once upon a time there lived a little girl named Snow white. She lived with her aunt and uncle because her parent was dead. (Orientation)

One day she heard her uncle and aunt talking about leaving Snow white in the castle because they both wanted to go to America and they didn’t have enough money to take Snow white. (Complication)

Snow white did not want her uncle and aunt to do this, so he decide it would be best if she ran away.The next morning she ran away from home when her uncle and aunt were having breakfast. She ran away into the woods. (Resolution)

She was very tired and hungry. (Complication)

Then she saw little cottage. She knocked no one answered so she went inside and fall asleep. (Resolution)

Meanwhile the seven dwarfs were coming home from work. They went inside. There they found Snow white sleeping. Then Snow white woke up. She saw the dwarfs said,” what is your name?”Snow white answered,”my name is Snow white.” (Complication)

Doc said,”if you wish you may live here with us.”Snow white said,”oh could?”thank you. Then,Snow white told to the dwarfs the whole story and Snow white and The seven dwarfs lived happily ever after. (Resolution)
Narrative dapat dijelaskan sebagai berikut:

1.      Purpose

To amuse, entertain, and to deal with actual or vicarious experiences in different ways. (Untuk menghibur pembaca melalui cerita).

2.      Generic structure:

a.  Orientation                 : Sets the scene and introduces the participants.
(Memperkenalkan tokoh dan setting)
b.  Complication             : A crisis arises (Munculnya masalah).
c.  Resolution                  : the crisis is resolved (Terselesainya masalah).
d.  Evaluation                  : A stepping back to evaluate the plight.
(Melangkah ke belakang untuk memikirkan nilai / makna sebuah peristiwa, bisa ada dan tidak)
e.  Re-orientation            : Optional (Bisa ada dan tidak)


F.      Metode Pembelajaran/Teknik:
§  Pendekatan                        : Contextual Teaching and Learning (CTL)
§  Strategi Pembelajaran        : Cooperative Learning

G.     Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
Terstruktur
Mandiri
Siswa dapat mengindentifikasi makna kata dan kalimat dalam teks komplikasi dalam sebuah cerita narasi, kejadian dalam teks, ciri-ciri dari benda/orang yang dideskripsikan, langkah-langkah retorika, tujuan komunikasi dari teks yang dibaca, inti berita yang didengar
Siswa mampu menganalisa makna kata dan kalimat dalam teks komplikasi dalam sebuah cerita narasi, kejadian dalam teks, ciri-ciri dari benda/orang yang dideskripsikan, langkah-langkah retorika, tujuan komunikasi dari teks yang dibaca, inti berita yang didengar.
Siswa mampu mengerjakan dan mengerti makna kata dan kalimat dalam teks komplikasi dalam sebuah cerita narasi, kejadian dalam teks, ciri-ciri dari benda/orang yang dideskripsikan, langkah-langkah retorika, tujuan komunikasi dari teks yang dibaca, inti berita yang didengar.

Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan Awal  (10’)
Ø  Mengucapkan salam dengan ramah kepada siswa ketika memasuki ruang kelas (nilai yang ditanamkan: santun, peduli)
Ø  Mengecek kehadiran siswa (nilai yang ditanamkan: disiplin, rajin)
Ø  Mengaitkan materi/kompetensi yang akan dipelajari dengan karakter
Ø  Dengan merujuk pada silabus, RPP, dan bahan ajar, menyampaikan butir karakter yang hendak dikembangkan selain yang terkait dengan SK/KD
Ø  Siswa berdiskusi mengenai pertanyaan yang tertera di buku teks

Kegiatan Inti (70’)
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi guru:
§  Memberikan stimulus berupa pemberian materi mengenai makna kata dan kalimat dalam teks komplikasi dalam sebuah cerita narasi, kejadian dalam teks, ciri-ciri dari benda/orang yang dideskripsikan, langkah-langkah retorika, tujuan komunikasi dari teks yang dibaca, inti berita yang didengar.
§  Mendiskusikan materi bersama siswa  (Buku : Bahan Ajar Bahasa Inggris mengenai makna kata dan kalimat dalam teks komplikasi dalam sebuah cerita narasi, kejadian dalam teks, ciri-ciri dari benda/orang yang dideskripsikan, langkah-langkah retorika, tujuan komunikasi dari teks yang dibaca, inti berita yang didengar.
§  Memberikan kesempatan pada peserta didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan mengenai makna kata dan kalimat dalam teks komplikasi dalam sebuah cerita narasi, kejadian dalam teks, ciri-ciri dari benda/orang yang dideskripsikan, langkah-langkah retorika, tujuan komunikasi dari teks yang dibaca, inti berita yang didengar. informasi tertentu. berhubungan dengan penyelesaian suatu soal.
§  Siswa diminta membahas contoh soal dalam Buku : Bahan Ajar Bahasa Inggris mengenai makna kata dan kalimat dalam teks komplikasi dalam sebuah cerita narasi, kejadian dalam teks, ciri-ciri dari benda/orang yang dideskripsikan, langkah-langkah retorika, tujuan komunikasi dari teks yang dibaca, inti berita yang didengar.
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi guru:
§  Membiasakan siswa makna kata dan kalimat dalam teks komplikasi dalam sebuah cerita narasi, kejadian dalam teks, ciri-ciri dari benda/orang yang dideskripsikan, langkah-langkah retorika, tujuan komunikasi dari teks yang dibaca, inti berita yang didengar.
§  Memfasilitasi siswa melalui pemberian tugas mengerjakan latihan soal yang ada pada buku ajar Bahasa Inggris untuk dikerjakan secara individual.

Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi  guru:
§  Memberikan umpan balik pada siswa dengan memberi penguatan dalam bentuk lisan pada siswa yang telah dapat menyelesaikan tugasnya.
§  Memberi konfirmasi pada hasil pekerjaan yang sudah dikerjakan oleh siswa melalui sumber buku lain.
§  Memfasilitasi siswa melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang sudah dilakukan.
§  Memberikan motivasi kepada siswa yang kurang dan belum bisa mengikuti dalam materi mengenai makna kata dan kalimat dalam teks komplikasi dalam sebuah cerita narasi, kejadian dalam teks, ciri-ciri dari benda/orang yang dideskripsikan, langkah-langkah retorika, tujuan komunikasi dari teks yang dibaca, inti berita yang didengar.

Kegiatan Akhir (10’)
§  Siswa diminta membuat rangkuman dari materi mengenai cara membaca nyaring bermacam wacana ragam tulis yang  di bahas dengan ucapan dan  intonasi yang benar, mengidentifikasi topik dari teks yang dibaca dan informasi tertentu.
§  Siswa dan Guru melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan.
§  Siswa diberikan pekerjaan rumah (PR) berkaitan dengan materi mengenai makna kata dan kalimat dalam teks komplikasi dalam sebuah cerita narasi, kejadian dalam teks, ciri-ciri dari benda/orang yang dideskripsikan, langkah-langkah retorika, tujuan komunikasi dari teks yang dibaca, inti berita yang didengar. dari soal-soal latihan yang belum terselesaikan di kelas .
§  Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.

H.     Sumber/Bahan/Alat
LKS Kharisma, CV.HaKa MJ : Solo.
Kamus
Foto/ Poster
Gambar

I.       Penilaian
  • Teknik                         :     Tugas individu, Kuis, Ulangan harian.
  • Bentuk Instrumen    :        Tertulis uraian singkat dan pilihan ganda, Lisan.




Contoh Instrumen     :

Read and study the story in Activity 3 once again. Then Answer this question!

1.            What is the title of the text?
2.            How many character showed in the story?
3.            Who is the main character in the text?
4.            What happened to her?
5.            What can we learn from the story?

Mengetahui                                                                                  Lamongan, 28 Januari 2013
Kepala Sekolah                                                                                 Guru Mata Pelajaran


Edy Purnomo, S.Pd                                                                          Ummu Kholifatur R.
NIP.                                                                                                    NIM.09331799


Tidak ada komentar:

Posting Komentar