Rencana Pelaksanaan
Pembelajaran (RPP)
Nama Sekolah : SMA/MA Hasyim Asyari Pucuk
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas/Semester : X / 2
Pertemuan Ke : 1
Alokasi Waktu : 2 x 45 menit
A. Standar Kompetensi
Membaca
11. Memahami
makna teks fungsional pendek dan esei sederhana berbentuk narrative, descriptive dan news item dalam konteks kehidupan sehari-hari dan
untuk mengakses ilmu pengetahuan.
B. Kompetensi Dasar
11.2 Merespon makna dan langkah-langkah
retorika dalam esei sederhana secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks
kehidupan sehari-hari dan untuk mengakses ilmu pengetahuan dalam teks berbentuk
narrative, descriptive, dan news item.
C. Indikator Pencapaian Kompetensi
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Nilai Budaya Dan
Karakter Bangsa
|
§
Mengidentifikasi makna kata
dalam teks yang dibaca
§
Mengidentifikasi makna
kalimat dalam teks yang dibaca
§
Mengidentifikasi komplikasi
dalam sebuah cerita narasi
§
Mengidentifikasi kejadian
dalam teks yang dibaca
§
Mengidentifikasi ciri-ciri
dari benda/orang yang dideskripsikan
§
Mengidentifikasi inti berita
yang didengar
§
Mengidentifikasi sumber
berita yang didengar
§
Mengidentifikasi
langkah-langkah retorika dari teks
§
Mengidentifikasi tujuan
komunikasi teks dibaca
|
Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri,
demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai
prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli
sosial, tanggung jawab, mandiri
|
Kewirausahaan/ Ekonomi Kreatif :
µ Percaya diri (keteguhan hati, optimis).
µ Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad,
enerjik).
µ Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
µ Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan).
D. Tujuan Pembelajaran
§ Siswa dapat mengidentifikasi makna kata dalam teks yang dibaca
§ Siswa dapat mengidentifikasi makna kalimat dalam teks yang dibaca
§ Siswa dapat mengidentifikasi komplikasi dalam sebuah cerita narasi
§ Siswa dapat mengidentifikasi kejadian dalam teks yang dibaca
§ Siswa dapat mengidentifikasi ciri-ciri dari benda/orang yang dideskripsikan
§ Siswa dapat mengidentifikasi inti berita yang didengar
§ Siswa dapat mengidentifikasi sumber berita yang didengar
§ Siswa dapat mengidentifikasi langkah-langkah retorika dari teks
§ Siswa dapat mengidentifikasi tujuan komunikasi teks dibaca
E. Materi Pokok
Activity 3
Identify factual meaning in
the texts;
Identify the structure of
narrative texts;
Reading and understanding
narrative texts.
SNOW WHITE
Once upon a time there lived a little girl named Snow white. She
lived with her aunt and uncle because her parent was dead. (Orientation)
One day she heard her uncle and aunt talking about leaving Snow
white in the castle because they both wanted to go to America and they didn’t
have enough money to take Snow white. (Complication)
Snow white did not want her uncle and aunt to do this, so he decide
it would be best if she ran away.The next morning she ran away from home when
her uncle and aunt were having breakfast. She ran away into the woods. (Resolution)
She was very tired and hungry. (Complication)
Then she saw little cottage. She knocked no one answered so she went
inside and fall asleep. (Resolution)
Meanwhile the seven dwarfs were coming home from work. They went
inside. There they found Snow white sleeping. Then Snow white woke up. She saw
the dwarfs said,” what is your name?”Snow white answered,”my name is Snow
white.” (Complication)
Doc said,”if you wish you may live here with us.”Snow white said,”oh
could?”thank you. Then,Snow white told to the dwarfs the whole story and Snow
white and The seven dwarfs lived happily ever after. (Resolution)
Narrative dapat dijelaskan sebagai berikut:
1.
Purpose
To
amuse, entertain, and to deal with actual or vicarious experiences in different
ways. (Untuk menghibur pembaca melalui cerita).
2.
Generic structure:
a. Orientation : Sets the scene and introduces the participants.
(Memperkenalkan tokoh dan setting)
b. Complication :
A crisis arises (Munculnya masalah).
c.
Resolution : the crisis is resolved (Terselesainya masalah).
d.
Evaluation : A stepping
back to evaluate the plight.
(Melangkah ke
belakang untuk memikirkan nilai / makna sebuah peristiwa, bisa ada dan tidak)
e.
Re-orientation : Optional (Bisa ada dan tidak)
F. Metode Pembelajaran/Teknik:
§ Pendekatan
: Contextual Teaching and Learning (CTL)
§ Strategi Pembelajaran :
Cooperative Learning
G. Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
|
Terstruktur
|
Mandiri
|
Siswa dapat
mengindentifikasi makna kata dan kalimat dalam teks komplikasi dalam sebuah
cerita narasi, kejadian dalam teks, ciri-ciri dari benda/orang yang
dideskripsikan, langkah-langkah retorika, tujuan komunikasi dari teks yang
dibaca, inti berita yang didengar
|
Siswa mampu
menganalisa makna kata dan kalimat dalam teks komplikasi dalam sebuah cerita
narasi, kejadian dalam teks, ciri-ciri dari benda/orang yang dideskripsikan,
langkah-langkah retorika, tujuan komunikasi dari teks yang dibaca, inti
berita yang didengar.
|
Siswa mampu
mengerjakan dan mengerti makna kata dan kalimat dalam teks komplikasi dalam
sebuah cerita narasi, kejadian dalam teks, ciri-ciri dari benda/orang yang
dideskripsikan, langkah-langkah retorika, tujuan komunikasi dari teks yang
dibaca, inti berita yang didengar.
|
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan Awal (10’)
Ø Mengucapkan salam dengan ramah kepada siswa ketika memasuki ruang kelas (nilai yang
ditanamkan: santun, peduli)
Ø Mengecek kehadiran siswa (nilai yang ditanamkan: disiplin, rajin)
Ø Mengaitkan materi/kompetensi yang
akan dipelajari dengan karakter
Ø Dengan merujuk pada silabus, RPP,
dan bahan ajar, menyampaikan butir karakter yang hendak dikembangkan selain yang terkait dengan SK/KD
Ø Siswa berdiskusi mengenai pertanyaan yang
tertera di buku teks
Kegiatan Inti (70’)
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi guru:
§ Memberikan stimulus berupa pemberian materi mengenai makna kata dan
kalimat dalam teks komplikasi dalam sebuah cerita narasi, kejadian dalam teks,
ciri-ciri dari benda/orang yang dideskripsikan, langkah-langkah retorika,
tujuan komunikasi dari teks yang dibaca, inti berita yang didengar.
§ Mendiskusikan materi bersama siswa (Buku : Bahan Ajar Bahasa
Inggris mengenai makna kata dan kalimat dalam teks komplikasi dalam sebuah
cerita narasi, kejadian dalam teks, ciri-ciri dari benda/orang yang
dideskripsikan, langkah-langkah retorika, tujuan komunikasi dari teks yang
dibaca, inti berita yang didengar.
§ Memberikan kesempatan pada peserta didik mengkomunikasikan secara
lisan atau mempresentasikan mengenai makna kata dan kalimat dalam teks
komplikasi dalam sebuah cerita narasi, kejadian dalam teks, ciri-ciri dari
benda/orang yang dideskripsikan, langkah-langkah retorika, tujuan komunikasi
dari teks yang dibaca, inti berita yang didengar. informasi tertentu.
berhubungan dengan penyelesaian suatu soal.
§ Siswa diminta membahas contoh soal dalam Buku : Bahan Ajar
Bahasa Inggris mengenai makna kata dan kalimat dalam teks komplikasi dalam
sebuah cerita narasi, kejadian dalam teks, ciri-ciri dari benda/orang yang
dideskripsikan, langkah-langkah retorika, tujuan komunikasi dari teks yang
dibaca, inti berita yang didengar.
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi guru:
§ Membiasakan siswa makna kata dan kalimat dalam teks komplikasi dalam
sebuah cerita narasi, kejadian dalam teks, ciri-ciri dari benda/orang yang
dideskripsikan, langkah-langkah retorika, tujuan komunikasi dari teks yang
dibaca, inti berita yang didengar.
§ Memfasilitasi siswa melalui pemberian tugas mengerjakan latihan soal
yang ada pada buku ajar Bahasa Inggris untuk dikerjakan secara individual.
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi guru:
§ Memberikan umpan balik pada siswa dengan memberi penguatan dalam
bentuk lisan pada siswa yang telah dapat menyelesaikan tugasnya.
§ Memberi konfirmasi pada hasil pekerjaan yang sudah dikerjakan oleh
siswa melalui sumber buku lain.
§ Memfasilitasi siswa melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman
belajar yang sudah dilakukan.
§ Memberikan motivasi kepada siswa yang kurang dan belum bisa
mengikuti dalam materi mengenai makna kata dan kalimat dalam teks komplikasi
dalam sebuah cerita narasi, kejadian dalam teks, ciri-ciri dari benda/orang
yang dideskripsikan, langkah-langkah retorika, tujuan komunikasi dari teks yang
dibaca, inti berita yang didengar.
Kegiatan Akhir (10’)
§ Siswa diminta membuat rangkuman dari materi mengenai cara membaca
nyaring bermacam wacana ragam tulis yang
di bahas dengan ucapan dan
intonasi yang benar, mengidentifikasi topik dari teks yang dibaca dan
informasi tertentu.
§ Siswa dan Guru melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah
dilaksanakan.
§ Siswa diberikan pekerjaan rumah (PR) berkaitan dengan materi
mengenai makna kata dan kalimat dalam teks komplikasi dalam sebuah cerita
narasi, kejadian dalam teks, ciri-ciri dari benda/orang yang dideskripsikan,
langkah-langkah retorika, tujuan komunikasi dari teks yang dibaca, inti berita
yang didengar. dari soal-soal latihan yang belum terselesaikan di kelas .
§ Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
H. Sumber/Bahan/Alat
LKS Kharisma, CV.HaKa MJ
: Solo.
Kamus
Foto/ Poster
Gambar
I. Penilaian
- Teknik : Tugas individu, Kuis, Ulangan harian.
- Bentuk Instrumen : Tertulis uraian singkat dan pilihan ganda, Lisan.
Contoh Instrumen :
Read and study the story in Activity 3 once again. Then Answer this
question!
1.
What is the title of the text?
2.
How many character showed in
the story?
3.
Who is the main character in
the text?
4.
What happened to her?
5.
What can we learn from the
story?
Mengetahui
Lamongan, 28
Januari 2013
Kepala Sekolah Guru
Mata Pelajaran
Edy Purnomo, S.Pd Ummu
Kholifatur R.
NIP. NIM.09331799
Tidak ada komentar:
Posting Komentar